Rabu, 27 Maret 2019

Pengalaman Saya Menjadi Seorang Blogger dan Juga Youtuber

Pengalaman Saya Menjadi Seorang Blogger dan Juga Youtuber


Pengalaman Menjadi Seorang Blogger dan Juga Youtuber | Hallo Semua, kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman, tentang pengalaman saya di dunia internet. Yang mana saya telah membangun blog dan juga channel youtube, hingga kini alhamdulillah saya sudah bisa menghasilkan sedikit uang dari aktivitas kegiatan saya, yah walaupun tidak banyak sih.


Saya berbagi pengalaman ini tujuanya adalah memberikan motivasi bagi para blogger dan juga youtuber yang masih baru. Mengingat semakin lama, persaingan menjadi blogger dan youtuber semakin ketat, maka dibutuhkan motivasi agar semangat membangun terus berkobar.

Disini saya membagi pengalaman saya dalam enam bagian. Semua saya jelaskan secara runtut, semoga saja bisa mudah anda pahami.

Pengalaman Pertama : Memulai Membuat Blog


Saya mulai mengenal dunia blogging pada waktu saya masih duduk di bangku SMA, kalau tidak salah pada tahun 2012. Pada waktu itu, saya tidak serus membuat blog, hanya sekedar untuk iseng-iseng saja sih.

Saya dikenalkan oleh salah seorang guru saya, beliau juga merupakan seorang blogger, dia menceritakan pengalamanya dan akhirnya saya tertarik untuk mempelajarinya.

Saya browsing mencari cara membuat blog akhirnya banyak tuh tutorialnya, saya pun membuat blog persis seperti yang diajarkan di tutorial, kebetulan saya menggunakan flatform blogger.

Blog saya waktu itu bisa dikatakan tidak jelas banget, saya hanya mondar-mandir di template tok. Sehari ganti template, besoknya ganti lagi dan seterusnya, pokoknya ga jelas banget dah. Yah namanya juga blogger pemula, kadang suka alay-alay gitu he.

Setelah lama ngeblog dan hanya sibuk mengotak-atik tampilan blog saja, hingga pada akhirnya saya vakum dan berhenti ngeblog.

Pengalaman Kedua : Memulai Membuat Channel Youtube


Oke masuk ke pengalaman kedua, setelah berhenti ngeblog. Akhirnya saya mencoba mengadu nasib lagi menjadi seorang youtuber. He udah kaya orang merantau saja "mengadu nasip" wkwk. Jadi waktu itu saya sudah menjadi mahasiswa, kalau tidak salah masuk smester II.

Saya mulai membuat channel youtube, saya mencoba membuat satu video, dan ternyata ada juga yang nonton. Walaupun gak banyak sih, maklum namanya juga masih tahap awal-awal.

Seiring berjalanya waktu ternyata, semakin hari views nya semakin banyak, sampai-sampai saya tertarik untuk membuat video lagi, dengan tema yang serupa namun judul yang berbeda. Hingga kini saya rutin membuat video dan alhamdulillah sudah mendapatkan ribuan subscriber.

Pengalaman Ketiga : Serius Membangun Blog


Setelah sempat berhenti / vakum membangun blog, motivasi saya terdorong lagi untuk kembali membangun blog. Saya memutuskan membeli domain dan hosting, berkat belajar otodidak dengan banyaknya eksperimen yang saya lakukan, saya sadar dan mengerti cara membangun blog yang baik dan profesional.

Tujuan saya membangun blog waktu itu, saya ingin menyatukan dua media, yakni media tulisan dan media video. Saya ingin membuat media dengan topik yang sama namun sarana berbagi yang berbeda. Kalau di youtube saya berbagi dalam bentuk video, maka di blog saya berbagi dalam bentuk tulisan. Dan alhamdulillah, saya berhasil membangunya hingga memiliki trafik yang lumayan, dan juga saya mencoba menyatukan akun adsense saya, alhamdulillah diterima. Next mungkin akan saya bagikan pengalamanya, so ditunggu ya.

Pengalaman Keempat : Diterima Adsense Blog


Jadi waktu dulu saya masih iseng-iseng membangun blog, saya sudah pernah mendaftarkan blog saya ke google adsense, tapi ditolak terus, bahkan sampai tiga kali tetap saja ditolak.

Setelah saya banyak belajar dari pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain, saya mengerti kekurangan saya dan hingga pada akhirnya saya pun diterima oleh google adsense.

Saya mendaftar adsense dan diterima ketika saya sudah mendapatkan akun adsense dari youtube, jadi saya mendaftar adsense youtube dulu ketika sudah mendapatkan akun adsense, saya coba upgrade akun adsense saya agar bisa digunakan di blog maupun di youtube. Untuk lebih jelasnya, mungkin akan saya buatkan artikel khusus nantinya.

Pengalaman Keenam : Membangun Banyak Blog dan Banyak Channel Youtube


Sampai hari ini saya telah membangun beberapa blog dan juga channel youtube, jadi blog yang anda kunjungi saat ini merupakan hanya sebagian dari blog saya.

Ini bukanlah blog utama saya, ini hanya sebagai sarana saya untuk berbagi pengalaman seputar blog dan youtube. Harapan saya semoga saja anda bisa mendapatkan sisi baik dari apa yang saya bagikan.

Demikianlah pengalaman saya menjadi seorang blogger dan juga youtuber, semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa menjadi motivasi anda di dalam membangun blog dan juga youtube. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon